Minggu, 18 April 2010

Sekapur Sirih


Bahwa pembangunan nasional bidang tenaga kerja Indonesia sebagai aset Nasional merupakan sumber daya manusia dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat menuju masyarakat Indonesia adil dan sejahtera lahir batin berdasar kan Pancasila dan UUD 1945
Bahwa kemerdekaan berkumpul dan berserikat , hak mengeluarkan pikiran secara lisan maupun tertulis , hak berunding dan memperoleh penghidupan yang layak bagi kemanusiaan serta mempunyai kedudukan yang sama dalam hukum adalah hak-hak dasar setiap pekerja dan organisasi pekerja merupakan sarana untuk memperjuangkan melindungi, membela hak dan kepentingan pekerja dan keluarganya serta sebagi sarana mewujudkan hubungan industrial yang harmonis , dinamis dan berkeadilan.
Maka dari hal tersebut diatas dan di atur oleh UU no 21 tahun 2000 tentang SP/SB . Para pekerja Bangunan dan Pekerjaan Umum sepakat berhimpun dalam Federasi Serikat Pekerja Bangunan dan Pekerjaan Umum ( SP-BPU) yang memiliki pandangan dan pemikiran kedepan serta rasa tanggung jawab yang tinggi sebagai bangsa Indonesia.
FSP-BPU berfungsi:
1. Sebagai wadah dan wahana pembinaan Pekerja Bangunan dan Pekerjaan Umum untuk berpartisipasi dalam pembangunan nasional melalui peningkatan kualitas, displin dan etos kerja serta produktivitas kerja.
2. Sebagai pendorong dan penggerak anggota dalam ikut serta mensukseskan program pembangunan Nasional
3. Berperan aktif melaksanakan kontrol terhadap pelaksanaan kebijakan ketenaga kerjaan khususnya hubungan industrial dalam ruang lingkup Bangunan dan Pekerjaan Umum.
Yang menjadi anggota FSP-BPU adalah :
1. Jasa Kontraktor dan Instalasi
2. Jasa Konsultansi
3. Jasa Pemeliharaan Gedung
4. Real Estate
5. Industrial Bahan Bangunan
6. Para Pekerja Informal ( Para pekerja dalam ruang lingkup Bangunan dan Pekerjaan Umum serta Konstruksi.
Gempa yang terjadi di Sumatera Barat tgl 30 September 2009 meluluh lantak kan banyak Bangunan, dari Rumah masyarakat hingga Gedung Pemerintahan .Geliat pembangunan di kota atau kabupaten yang terkena dampak gempa Saat ini sudah mulai menggeliat.
SP-BPU DPD Sumatera Barat yang ikut dalam peran aktif pelaksanaan pembangunan dengan keterlibatan Pekerja bangunan

Tidak ada komentar: